Radiasi Handphone Tidak Menyebabkan Pengecilan Otak Anak

thumbnail.webp thumbnail.png

Apakah anda pernah membaca jika radiasi hp akan membuat otak anak menjadi kecil? Hal tersebut tentunya bukan sebuah berita yang benar dan tentu saja menyesatkan bagi siapa saja yang membacanya.

Beberapa waktu yang lalu sempat viral sebuah postingan dengan menyertakan foto seorang anak yang tengah dirawat dan tertidur. Di sebutkan dalam unggahan tersebut jika anak tersebut mengalami pengecilan otak karena terus bermain hp dan menyebabkan radiasi hp menyerangnya. Dalam unggahan tersebut juga menghimbau untuk para orang tua agar memantau dan membatasi anak ketika bermain hp.

Untuk membatasi hp pada anak sendiri memang dibenarkan agar anak tidak terllau fokus pada gadget saja dan melakukan aktivitas fisik dengan lebih banyak, namun pernyataan bahwa radiasi hp membuat anak mengalami penyusutan otak adalah sebuah berita yang menyesatkan.

Dari haisl penelurusan yang kemudian dilansir oleh liputan6.com, seorang dokter anak dan juga saraf anak, dr hardiono menyebut bahwa adanya pengecilan otak akibat radiasi hp bukanlah suatu hal yang benar. Hal tersebut salah dan tidak mempunyai riset yang jelas. Kasus untuk pengecilan otak juga tidak ada laporannya.

Seorang anak yang mengalami pengecilan otak ternyata mempunyai berbagai sebab dan hal yang dapat mempengaruhinya. Kelainan saat lahir dan faktor adanya virus tertentu yang menyerang merupakan beberapa sebab mengapa otak anak dapat mengecil dan mengalami perubahan.

Infeksi otak dapat menyebabkan otak menjadi kecil dan mengganggu perkembangan otak itu sendiri. Infeksi otak bisa disebabkan karena virus zika atau meningitis. Hal itulah yang disebabkan otak anak harus selalu dicek sejak dalam kandungan hingga usia tertentu agar dapat dipantau perkembangannya.

Gelombang radiasi yang disebutkan dan disebabkan oleh gadget tidak besar dan untuk sebuah kanker dapat berkembang itu membutuhkan waktu yang sangat lama.  Kemungkinan otak menjadi mengecil karena paparan radiasi itu sangat kecil.

Kanker otak sendiri bisa terjadi karena berbagai sebab. Salah satunya dari keturunan. Kanker dapat dideteksi dari keturunan apakah keluarganya mempunyai riwayat untuk memperoleh kanker tersebut atau tidak. Faktor lain dari kanker dan pengecilan otak adalah mengenai makanan yang selalu dikonsumsi. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian banyak orang mengenai kemungkinan seseorang dapat terkena kanker atau pengecilan otak.

Dalam pernyataan dokter anak dan saraf tersebut juga jelas dikatakan bahwa penyebab seorang anak mengalami kanker atau pengecilan otak bisa disebabkan karena berbagai faktor. Makanan, keturunan, virus dan kelainan pada saat kelahiran merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan adanya pengecilan otak dan bukan karena radiasi semata.

Unggahan pada akun facebook itu jelas merupakan salah satu berita yang sangat menyesatkan dan tentunya tidak benar sehingga anda harus waspada dengan berita seperti itu. Anda harus sering mengecek dan juga mencari fakta yang benar sebelum akhirnya mempercayai sebuah berita.

Banyak sekali unggahan yang hanya fiktif dan tidak berdasarkan fakta sama sekali. Banyak juga unggahan mengenai suatu hal yang tidak berasal dari institusi yang resmi dan dari orang yang ahli. Hal-hal semacam itu harus anda waspadai dan tentunya menjadi perhatian karena apabila terus disebarkanluaskan akan mengundang kesalahpahaman banyak orang bukan? Berita yang menyesatkan akan lebih baik untuk di report atau di laporkan sehingga segera di takedown dari platform yang memuat berita yang menyesatkan tersebut. Waspadai selalu unggahan dari akun yang tidak jelas dan tanpa fakta.