Mengunyah Daun Sirih untuk Sembuhkan Covid Tidak Dianjurkan

thumbnail.webp thumbnail.png

Pada masa pandemic seperti ini, rasanya berbagai informasi satu dan lain hal akan banyak digunakan dan dimanfaatkan demi kebutuhan konten semata. Banyak sekali informasi yang menyesatkan, terutama untuk kesembuhan bagi mereka yang Sudah terinveksi korona. Berbagai informasi yang bahkan tidak diketahui kebenarannya saling bersautan satu sama lain dan banyak membingungkan masyarakat sekitar.

Pada awal-awal dimana kasus corona merebak, banyak sekali berita atau pesan berantai yang membicarakan tentang bagaimana menghentikan dan menyembuhkan pasien yang terinveksi korona serta kemudian menyembuhkannya.

Salah satu yang populer adalah mengenai daun siri yang dapat menyembuhkan korona. Cerita awalnya yaitu tentang seseorang yang terinfeksi korona dan kemudian melakukan pengobatan di singapura. Setelah sekian lama di rawat dengan diberikan berbagai vitamin yang dapat menguatkan imun tubuh, pasien tersebut pada akhirnya sembuh. Dokter dari rumah sakit tersebut kemudian menyarankan bahwa di Indonesia karena banyak daun sirih, maka kunyahlah dan sirih setiap pagi. Daun sirih tersebut hanya boleh di kunyah murni tanpa tambahan dan kemudian minum airnya.

Pada saat mengunyahpun boleh lama-lama sehingga menghasilan air daun sirih yang maksimal. Berita ini kemudian cepat menyebar dan menjadi vira. Banyak kemudian yang menyebarkan ke grup grup keluarga yang terkadang berisikan orang orang tua yang tidak mengecek terlebih dahulu kebenaran berita dan faktanya namun langsung menyebarkan berita tersebut.

Dalam pesan singkat tersebut disebutkan bahwa daun sirih mengandung antiseptic sehingga jika di kunyah akan melawan virus corona yang biasanya bersemayam di mulut atau tenggokan manusia. Dokter ahli Kesehatan untuk lingkungan hidup kemudian memberikan pernyataan yang dapat mengungkap fakta akan manfaat daun sirih itu sendiri. Dr. Arif Sumantri kemudian menyebutkan bahwa memang benar daun sirih akan dapat digunakan untuk antiseptic alami dan membunuh covid. Namun daun sirih sebagai anti septic alami tidak disarankan untuk dikunyah secara langsung. Daun sirih hanya direkomendasikan sebagai pencuci tangan sebaga bagian dari pencegahan virus corona.

Tentunya mikroba, virus , bakteri dan semacamnya memang akan dapat mati dengan adanya anti septic, namun tentunya daun sirih tidak dianjukan untuk langsug di kunyah. Anda dapat mengecek kebenaran berita ini melalui dokter ahli yang tentunya lebih berpengalaman.

Memang di saat pandemic corona seperti ini, banyak sekali informasi yang menyesatkan karena memanfaatkan kepanikan masyarakat. Masyarakat yang lebih tau kebenaran dan bagaimana fakta suatu berita tentu saja akan bertindak tanpa banyak bertanya. Jika anda menemukan informasi yang belum jelas dan bisa jadi menyesatkan, maka anda segera mencari kebenaran dan kemudian menyetop Tindakan kebodohona tersebut.

Informasi yang salah bisa jadi akan menimbulkan efek yang malah negatif bagi masyarakat. Kemungkinan besar masih banyak berita hoaks yang beredar dan tentu saja jika anda tau mengenai kebenarannya, anda harus menjadi orang yang dapat meluruskan fakta tersebut.

Berita yang menyebutkan bahwa daun sirih kunyah dapat menyembuhkan corona tentu saja merupakan berita yang salah/hoaks. Daun sirih memang mempunyai kemampuan sebagai antiseptic alami dan dapat mencegah penyakit, virus dan bakteri, namun bukan berarti dapat di kunyah dengan begitu saja. Daun sirih disarankan untuk digunakan sebagai obat luar atau sebagai pencuci tangan saja. Berita semacam ini memang sangat meresahkan dan tentu saja menyesatkan orang-orang yang belum mengecek beritanya secara lengkap dan sesuai dengan faktanya.