Klaim Palsu Terapi Pijat Telinga Untuk Anak Delay Speech

thumbnail.webp thumbnail.png

Bagi seorang ibu yang mempunyai anak terlambat bicara, mungkin banyak mengalami kekhawatiran dan selalu melakukan seribu cara untuk segera membuat anak berkembang dan dapat bicara sesuai dengan perkembangan usianya.

Dalam sebuah postingan di facebook dari akun bernama nca, disebutkan bahwa terapi pijat telinga pada seorang anak akan mencegah adanya keterlambatan bicara. Proses pijat telinga dalam postingan tersebut bahkan di selipkan gambar bagaimana cara memijat telinga anak agar segera dapat berbicara dan tidak mengalami keterlambatan dalam berbicara. Dalam unggahan tersebut disebutkan cara memijat telinga anak adalah dengan menekuk telinga yang sebelah kanan 8x, kemudian oijat dari atas menuju bawah telinga 8x, lakukan sebaliknya. Tarik telinga ke belakang 8x, tarik ke bagian tengah dan ke luar masing-masing secara berurutan dan rutin 8x.

Dilakukanlah penelurusan mengenai hal ini yang dilansir dari kompas.com, bahwa dr. Mayung sambo mengungkapkan bahwa pijat atau terapi telinga untuk anak yang terlambat bicara belum ada penelitiannya. Hal ini dapat diartikan bahwa terapi pijat untuk anak yang terlambat bicara merupakan berita yang menyesatkan.

Tentu saja untuk seorang ibu harus banyak-banyak membaca dan memahami unggahan darimana saja sumbernya dan siapa yang berbicara. Salah-salah malah berefek buruk bukan?

Dr mayung juga memberikan pernyataan untuk stimulasi bicara anak sendiri, itu bisa dilakukan dengan banyak mengajak anak bicara atau ngobrol sesering mungkin, sertakan anak dalam segala aktivitas seperti menyanyi, main bersama dan banyak memberikan hal-hal yang dapat membuat anak lebih cepat berbicara.

Beliau sendiri menegaskan bahwa pada usia 3-4bulan, bayi akan dengan sendirinya mulai melakukan proses mengoceh dengan bunyi tanpa konsonan. Banyak bayi yang sudah bisa melakukannya secara alami ketika melihat atau mendengar sesuatu yang membuatnya tertarik.

Kemudian pada tahap selanjutnya, bayi untuk usia 7-9 bulan biasanya akan mulai mengeluarkan bunyi yang ditambahkan konsonan seperti dadada, papa, atau mama.

Bayi akan memberikan progress bicara sesuai dengan usianya dan hal ini tentunya harus dipahami setiap ibu. Tidak semua bayi sama dalam progress bicara, namun anda harus tetap memberikan stimulant suara dan bicara agar pertumbuhan bicara bayi masih dalam tahap yang wajar.

Banyak sekali buku atau literasi yang dapat menambah pengetahuan anda mengenai tumbuh kembang bayi yang pastinya dapat anda percayai daripada sekedar postingan facebook yang tidak mempunyai dasar sama sekali.

Banyak sekali unggahan tanpa dasar yang kemudian menjadi viral dan banyak dibagikan. Hal ini membuktikan bahwa di dunia maya, terkadang pengguna kurang cerdas dalam memilih mana postingan yang baik dan mana yang menyesatkan. Jika hal seperti ini terus ada, maka ibu-ibu yang kurang membaca akan terus mempercayai unggahan tanpa fakta seperti ini. Tidak ada penelitian lebih lanjut mengenai pijat telinga pada bayi yang mengalami terlambat bicara sehingga hal seperti ini dianggap sebagai berita yang menyesatkan.

Sebagai ibu dan pengguna media sosial yang bijak, sudah seharusnya kita lebih memilih dan lebih banyak lagi membaca serta mengecek apakah unggahan tersebut benar atau salah dan jangan langsung menyebarkan postingan yang tidak jelas faktanya. Makin banyak yang menyebarkan, maka kemungkinan akan banyak yang melakukan hal serupa yang mungkin saja berefek lebih negatif dan belum diketahui bagaimana faktanya. Yang jelas, selalu teliti dan cek dulu fakta dari apapun yang terdapat di dunia maya.