Aplikasi Palsu FlixOnline yang Klaim Berikan Akses Netflix Gratis

thumbnail.webp thumbnail.png

Baru-baru ini pengguna setia Netflix pasti dikejutkan dengan adanya berita mengenai tambahan masa aktif gratis. Hal ini diungkapkan oleh sebuah aplikasi baru bernama FlixOnline yang mengklaim akan memberikan akses gratis neflix selama 2 bulan.

Tentu saja berita ini adalah palsu dan tidak benar. Rupanya FlixOnline merupakan salah satu aplikas malware yang akan sangat metugikan pengguna yang mendonwloadnya. Pengguna Netflix dan masyakat pun menjadi geger dengan adanya berita ini.

Setelah dilakukan penelusuran yang lebih dalam terkait dengan aplikasi tersebut, ternyata FlixOnline berisikan malware yang ternyata mempunyai potensi untuk mencuri berbagai data pribadi dari penggunanya. Malware ini juga akan dapat memantau pesan-pesan yang terdapat du whatsapp. Hal ini tentunya menjadi sebuah tindakan yang membahayakan bagi para penggunanya bukan?

Saat ini diketahui Netflix adalah sebuah aplikasi berbayar yang dapat Anda gunakan untuk menonton. Hal ini rupanya dimanfaatkan malware tersebut untuk membuat hoaks akan adanya gratis akses jika pengguna mengunduh aplikasi tersebut.

Klaim dari malware tersebut adalah, pengguna hanya cukup mengunduh aplikasi dan kemudian menyambungkannya ke akun Netflix masing-masing sehingga gratis akses akan langsung terhubung dan diberikan selama 2 bulan.

Perusahaan software keamanan bernama check point telah berhasil melakukan riset mengenai aplikasi palsu ini. Mereka menemukan bahwa malware ini dapat mencuri data orang yang mendownload aplikasi tersebut. Rupanya tidak sedikit orang yang sudah termakan dengan adanya berita hoaks tersebut. Sekitar 500 orang telah mengunduh aplikasi palsu tersebut.

Check point juga mengatakan bahwa aplikasi ini selain dapat mencuri data pribadi juga akan dapat memperoleh akses untuk melihat whatsapp, kemudian memberikan dan menyebarkan tautan yang berisikan malware kepada kontak atau pengguna lain tanpa di ketahui oleh pemilik akun. Hal ini akan sangat membahayakan bukan?

Check point kemudian memberitahu pihak playstore dan kemudian mereka juga segera menghapus aplikasi flixoline tersebut. FlixOnline dapat dikatakan sebagai konten tiruan atau impostor content yang tentu saja sangat merugikan pengguna dan orang yang telah mendonwload aplikasi tersebut sehingga dapat mencuri data.

Hal-hal seperti ini memang sering sekali terjadi dan Anda harus waspada mengenai tindakan di dunia maya yang serupa. Kerugian ketika data Anda bocor sangat banyak. Orang yang mencuri data Anda mungkin akan dapat melakukan kejahatan dengan memakai data diri Anda sehingga hal tersebut sudah termasuk dalam kejahatan.

Saat ini banyak peluang untuk orang bisa melakukan kejahatan sekalipun tidak terjadi langsung. Anda harus selalu waspada mengenai kemungkinan data Anda bocor bahkan dapat merugikan orang lain walaupun hal itu bukan perbuatan yang Anda lakukan. Waspada tentunya akan lebih baik untuk dilakukan.

Untuk keamanan,selalu cek aplikasi atau link-link mencurigakan dan laporkan berita-berita hoaks sehingga dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak Anda inginkan. Anda juga dapat mengecek kebenerannya pada perusahana software yang bertugas dalam keamanan software seperti check point. Banyak sekali tindakan kejahatan dunia maya yang dapat Anda temukan. Netflix juga menjadi salah satu yang sangat dirugikan bukan? Anda harus selalu waspada mengenai aplikasi-aplikasi yang belum jelas dan cek sesegara mungkin.

Pencurian data dapat terjadi pada siapa saja dan mengakibatkan dampak buruk bagi orang yang dicuri datanya. Anda dapat segera melaporkan jika ada hal-hal yang sangat mencurigakan dan tidak benar mengenai aplikasi yang palsu atau juga tiruan.